Memulai Membuat Aplikasi Android dengan Flutter

Semakin waktu bergerak ke depan, semakin sering saya mendengar “Flutter”. Baik itu dari internet, forum, teman, dan lain-lain. Apa sih Flutter itu? Flutter adalah sebuah framework open source buatan Google yang digunakan untuk membuat atau mengembangkan aplikasi mobile. Dengan Flutter, kita bisa membuat aplikasi native Android dan iOS hanya dengan sekali coding. Dan bahasa pemrograman yang digunakan oleh Flutter adalah bahasa pemrograman Dart.

Sebelum memulai menggunakan Flutter, ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan, seperti :

  • Flutter SDK
  • Android SDK
  • Android Studio

Berhubung pada saat menulis artikel ini saya sudah menggunakan Android Studio dan sudah ada Android SDK juga, maka saya hanya perlu menginstall Flutter SDK saja.

Install Flutter SDK

Sebenarnya untuk menginstall Flutter SDK, bisa dilakukan pada saat membuat project Flutter baru di Android Studio seperti gambar berikut,

Namun saya tidak menggunakan cara itu, karena entah kenapa rasanya agak lama saat proses download-nya. Jadi, saya langsung download dari situs Flutter-nya langsung.

  1. Buka link ini: https://flutter.dev/docs/get-started/install.
  2. Lalu pilih Windows. Karena di sini saya menggunakan OS Windows.
  3. Klik button berwarna biru untuk melakukan download.
  4. Setelah selesai download, extract file flutter_windows_v1.2.1-stable.zip ke direktori folder yang dibuat untuk menampung Flutter SDK. Letaknya boleh di mana saja, asal jangan di C:\Program Files. Untuk kasus ini, saya meletakkannya pada direktori D:\SDK.
  5. Untuk mengecek apakah Flutter sudah siap digunakan, silakan buka flutter_console.bat yang terdapat di dalam folder flutter.
  6. Lalu ketik flutter doctor. Jika Flutter sudah siap digunakan, maka akan muncul kurang lebih seperti ini,

Setup Android Studio

Agar bisa menggunakan Flutter di Android Studio, perlu sedikit setup yang harus dilakukan, yaitu menginstall plugin Flutter dan Dart. Caranya seperti ini :

  1. Buka Android Studio. Jika sudah muncul jendela Welcome, klik Configure, lalu pilih Plugins.
  2. Klik button Browse repositories…
  3. Ketik “Flutter” pada kolom pencarian, pilih Flutter, lalu klik Install. Setelah itu akan ada dua dialog konfirmasi, pilih Accept dan Yes.
  4. Tunggu sampai proses download plugin selesai.
  5. Jika sudah selesai, restart Android Studio, maka akan muncul menu Start a new Flutter project.

Oke, sekarang kita sudah melakukan hal-hal yang mesti dipersiapkan untuk bisa menggunakan Flutter. Jadi, sekarang kita sudah bisa mulai membuat aplikasi Android menggunakan Flutter. Tutorial cara membuat aplikasinya akan saya tulis di artikel selanjutnya.

Membuat Aplikasi Android Pertama dengan Flutter

Happy Coding! 🙂

Share This!

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of
trackback

[…] Memulai Membuat Aplikasi Android dengan Flutter […]